Example 728x250
Berita

Kenali Pusing Akibat Hipertensi dan Masuk Angin, Jangan Disepelekan! : Pikirpediahealth

×

Kenali Pusing Akibat Hipertensi dan Masuk Angin, Jangan Disepelekan! : Pikirpediahealth

Share this article

[ad_1]

PUSING menjadi salah satu tanda bahwa ada suatu masalah yang terjadi pada tubuh. Tentunya hal ini tidak bisa disepelekan dan harus dicari tahu penyebabnya.

Apalagi jika pusing tidak kunjung membaik dalam beberapa hari. Pusing karena hipertensi jangan sampai disalahartikan sebagai pusing karena hanya masuk angin, lalu dianggap sepele. Nah sebenarnya ada perbedaan pusing yang disebabkan oleh hipertensi dan masuk angin.

Merangkum dari Medanta, Kamis (16/2/2024) berikut ulasannya, yuk disimak!

1. Pusing akibat hipertensi

Biasanya terjadi secara mendadak. Tak hanya itu, gejala lainnya yang menyertai adalah tubuh terasa tak seimbang. Gejala ini terjadi karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Jika pusingnya tidak hilang dalam beberapa hari, maka segera hubungi dokter pribadi.

Selain pusing, hipertensi juga biasanya ditandai dengan gejala lain seperti pandangan jadi mudah berkabut. Tekanan darah tinggi jangka panjang dapat menekan aliran darah dan merusak pembuluh darah.

Gegara kondisi itu, cairan akan menumpuk di bawah retina, membuat seseorang jadi kehilangan fokus saat melihat. Pada kasus yang serius, penglihatan bisa benar-benar hilang karena hipertensi yang tidak terkendali.

Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah ‘brain fog’. Orang dengan hipertensi memgalami kondisi sakit kepala kronis ringan yang kerap disebut juga dengan ‘brain fog’.

BACA JUGA:

Apa Penyebab Kepala Terasa Pusing saat Tiba-Tiba Berdiri?2. Pusing karena masuk angin

Pusing akibat masuk angin biasanya tidak berlarut-larut, terlebih jika sudah beristirahat dan mengonsumsi obat masuk angin. Ini menjadi pembeda paling khas dari pusing akibat hipertensi dengan pusing masuk angin.

Masuk angin juga biasanya disertai gejala lain seperti sakit kepala, kondisi badan terasa tidak enak, tubuh pegal-pegal, bahkan perut tidak nyaman karena sakit atau kembung.



Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sakit kepala atau pusing akibat masuk angin juga bisa dikarenakan suplai oksigen yang berkurang ke otak. Selain itu, sakit kepala juga bisa terjadi karena peningkatan volume darah ke otak.

Mengingat badan sedang tidak fit, maka tubuh memberi respons untuk mendistribusikan darah ke organ yang membutuhkan. Lonjakan suplai darah inilah yang membuat tubuh memberi respons dengan sakit kepala atau pusing.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *