Example 728x250
Berita

11 Hal Wajib Diperhatikan Pelancong Sebelum Pesan Hotel via Online : PikirpediaTravel

3
×

11 Hal Wajib Diperhatikan Pelancong Sebelum Pesan Hotel via Online : PikirpediaTravel

Share this article



LIBURAN dan perjalanan santai selalu merupakan ide cemerlang. Tidak masalah apakah itu perjalanan keluarga yang direncanakan dengan baik atau solo traveling.

Menemukan tiket pesawat termurah dan mencari hotel terbaik dengan penawaran eksklusif adalah proses standar.

Memilih kamar hotel yang sempurna seringkali menjadi penentu keberhasilan atau kehancuran pengalaman liburan.

Oleh karenanya, penting mencari tempat yang nyaman dan tenang. Melalui internet, Anda dapat melihat, membandingkan, dan memesan kamar hotel dan resor secara sebelum mendarat. Namun, ada kemungkinan kenyataan jauh berbeda dari ekspektasi Anda.

Berikut 11 hal yang harus Anda periksa sebelum memesan hotel secara online.

1. Lokasi

Jika Anda sudah merencanakan rencana perjalanan, pastikan Anda mencari hotel yang berlokasi di pusat kota dan mudah diakses. Pada saat pemesanan, ingatlah untuk memeriksa jarak hotel Anda dari lokasi wisata lokal.

(Foto: Reuters)

Selain itu, sebelum Anda pergi, cetak peta atau simpan lokasi Google secara offline – ini akan berguna pada saat darurat.

2. Harga

Harga, paket, kebijakan, dan promosi bervariasi tergantung pada situs web dan tanggal perjalanan Anda. Demi mendapatkan penawaran terbaik, sebaiknya pesan langsung melalui situs resmi hotel.

Hal ini dikarenakan tidak ada agen perjalanan online atau komisi yang terlibat, pemesanan langsung biasanya lebih murah. Anda juga bisa mendapatkan upgrade atau sarapan gratis jika memesan melalui situs web hotel.

3. Kebijakan pembatalan

Sebagai seorang pelancong, sebelum Anda mengonfirmasi reservasi hotel atau properti sewaan, tinjau kebijakan pembatalannya. Hal ini memastikan bahwa jika mengubah atau membatalkan rencana perjalanan, Anda tidak akan kehilangan uang.

Sebagian besar hotel menawarkan kebijakan pembatalan 24 jam. Namun, berbagai properti lain memiliki ketentuan seperti kebijakan pembatalan 72 jam.

4. Ulasan hotel

Baik Anda akan menginap jangka pendek maupun jangka panjang, penting untuk membaca ulasan online sebelum melakukan pembayaran atau reservasi. Baca pula 5-10 ulasan, baik positif maupun negatif, sebelum mengambil keputusan untuk memesan.

Hal ini akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang layanan pelanggan, kebersihan, dan suasana umum. Sebaiknya hindari memesan hotel atau properti sewaan tanpa foto atau ulasan apa pun.

5. Kebijakan pembayaran

Tergantung pada lokasi tujuan Anda, kebijakan pembayaran hotel akan berbeda. Namun, praktik standar yang diikuti sebagian besar hotel dan properti adalah menyimpan kartu kredit Anda untuk uang jaminan pada saat check-in.

Namun sejak revolusi digital, sejumlah besar hotel dan properti sewaan mulai menerima pembayaran online. Namun, jika Anda ingin mendapatkan yang terbaik, tunda pembayaran sampai Anda mencapai penginapan.



Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

6. Waktu check-in dan check-out

Sebelum Anda melakukan reservasi, pastikan Anda mengetahui apakah resepsionis buka 24 jam. Hal ini berguna jika Anda tiba pagi atau larut malam. Sebaliknya, jika Anda berencana datang lebih cepat tanyakan ketersediaan kamar.

Beberapa hotel mengizinkan Anda check-in lebih awal jika kamar sudah siap. Memastikan pula apakah hotel mengenakan biaya tambahan saat check-out yang terlambat.

7. Penyimpanan bagasi

Setelah check-in, ingatlah bahwa Anda harus bertanggung jawab atas barang-barang berharga yang dimiliki. Wisatawan sering berbagi cerita tentang barang-barang mereka yang hilang ketika meninggalkan hotel atau hostel.

Meskipun banyak hotel dan hostel saat ini menyediakan penitipan bagasi gratis, sebaiknya periksa ulang. Jika penginapan yang Anda minati tidak menyediakan penitipan bagasi, teliti lokasinya. Sebaiknya juga membawa kunci sendiri untuk menjaga tas dan barang-barang tetap aman.

8. Foto hotel

Foto sama pentingnya dengan ulasan ketika memilih hotel. Sebelum memesan penginapan, carilah foto yang diunggah oleh pihak hotel dan juga tamu. Cari juga gambar fasilitas yang disebutkan dalam deskripsi (jika ada).

Anda juga dapat menggunakan tampilan jalan Google Maps untuk mengetahui lingkungan dan penginapan tersebut aman.

9. Fitur keamanan

Sebelum melakukan reservasi online, carilah elemen keamanan seperti penjaga di lokasi, pagar, dan kamera pengintai. Ulasan juga dapat membantu Anda memahami apakah penginapan dan area tersebut aman.

Berinteraksi dengan komunitas online bisa membantu mendapatkan pengalaman langsung dari wisatawan yang pernah berkunjung.

10. Pajak dan biaya tambahan

Beberapa hotel mungkin memungut pajak tambahan yang tidak termasuk dalam biaya pemesanan awal.

Selain itu, jika memesan secara online pastikan memperhatikan biaya pemesanan tambahan agar tidak dikenakan biaya lagi pada saat check-in.

11. Fasilitas ekstra

Kebutuhan perjalanan setiap orang adalah unik. Demi melayani beragam tamu, sebagian besar hotel memiliki fasilitas standar yang memenuhi kebutuhan paling umum. Seperti menyediakan tempat parkir, restoran, Wi-Fi gratis.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *