Example 728x250
Berita

5 Keuntungan Berwisata ke Bali saat Momen Nyepi, Hadirkan Pengalaman Berkesan : PikirpediaTravel

8
×

5 Keuntungan Berwisata ke Bali saat Momen Nyepi, Hadirkan Pengalaman Berkesan : PikirpediaTravel

Share this article



BALI selalu menjadi destinasi favorit turis baik domestik maupun mancanegara. Hal itu dikarenakan daya tarik Pulau Dewata yang tak pernah sirna. Selain keindahan alamnya, Bali yang kaya akan tradisi dan budaya jad magnet tersendiri bagi turis mancanegara untuk datang.

Bali akan terasa lebih istimewa setiap tiba hari raya Nyepi. Mulai sejak malam menjelang Nyepi, hingga berakhir keesokan harinya, tentu momen ini akan sangat mengesankan.

Kendati nyaris seluruh aktivitas dibatasi pada saat perayaan Nyepi, mengunjungi Bali saat umat Hindu melaksanakan ritual Tahun Baru Saka tetap tetap hal yang patut dicoba. Nah, berikut lima keuntungan berwisata ke Bali saat momen Nyepi, sebagaimana dikutip dari Wego.

1. Pemandangan malam penuh bintang

Bagi pencinta astrofotografi, mengunjungi Bali saat Nyepi akan sangat menyenangkan. Pasalnya, nihilnya aktivitas sepanjang hari membuat polusi udara berkurang.

Hal itulah yang membuat bintang di langit terlihat semakin terang di malam hari karena tidak tertutup polusi.

Menatap bintang dari balkon atau teras kamar hotel dengan mata telanjang pun menjadi aktivitas sangat menyenangkan bukan? Jangan lupa untuk mendokumentasikan momen spesial ini loh ya.

2. Menikmati udara lebih segar

Udara segar bebas polusi di Bali hanya bisa dirasakan setelah Nyepi. Setelah perayaan Nyepi berakhir, Anda akan merasakan sendiri segarnya udara Bali yang tidak terkontaminasi kendaraan bermotor selama kurang lebih 24 jam. Sungguh pengalaman langka yang sangat istimewa.

3. Paket promo hotel

Selama perayaan Nyepi satu hari, umat Hindu Bali dilarang melakukan empat hal yakni Amati Geni (pantang menyalakan api), Amati Karya (tidak melakukan aktivitas bekerja), Amati Lelanguan (pantang menghibur diri), dan Amati Lelungaan (pantang bepergian keluar rumah).

Pendatang, baik warga non-Hindu di Bali atau wisatawan pun wajib mematuhi aturan tersebut.

Nah, agar tamu tetap merasa nyaman, hotel-hotel di Bali biasanya menawarkan paket promo menginap saat Nyepi.

Promo ini biasanya juga dilengkapi potongan harga khusus untuk aktivitas menarik yang bisa dilakukan di dalam area hotel, seperti kelas yoga atau paket spa. Namun, hal ini tentunya tergantung kebijakan masing-masing hotel.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Waktu ideal menyaksikan ritual tradisional

Terdapat ritual tradisional sebelum perayaan Nyepi. Selain upacara penyucian diri Melasti, ada pula upacara pengrupukan yang juga dikenal sebagai parade ogoh-ogoh, dan ritual perang api yang dilakukan di malam sebelum Nyepi dengan tujuan mengusir roh-roh jahat.

Setelah merampungkan Nyepi, umat Hindu di Bali pun menjalani ngembak Geni yang berarti bebas menyalakan api atau kembali bebas beraktivitas.

Pada upacara ini, warga beribadah ke pura lalu dilanjutkan dengan dharma santi atau silaturahmi dengan keluarga dan kerabat.

Berbagai ritual tersebut tentu sangat menarik disaksikan terlebih hanya terjadi setahun sekali selama momen Nyepi.

5. Pantai lebih sepi dari biasanya

Saat musim Nyepi berbagai destinasi pantai di Bali juga akan lebih sepi dari biasanya. Anda bisa menikmati pantai di Uluwatu dengan nyaman bebas keramaian di pagi hari setelah perayaan Nyepi.

Bukan hanya pantai, berbagai tempat wisata lain juga relatif sepi di pagi hari setelah perayaan Nyepi.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *