Example 728x250
Berita

6 Fakta Gedung Heritage Rusak hingga Proyek BSI Tower Dihentikan : PikirpediaEconomy

8
×

6 Fakta Gedung Heritage Rusak hingga Proyek BSI Tower Dihentikan : PikirpediaEconomy

Share this article



JAKARTA – Gedung Heritage Kementerian ESDM mengalami kerusakan. Gedung ini berada di tengah dua proyek besar, yakni MRT Jakarta dan proyek BSI Tower.


Dari pengamatan Kementerian ESDM daerah kerusakan paling terdampak pada lantai dinding dan plafon. Selain itu, terjadi penurunan terhadap acuan awal pada point 5 yakni sebesar 8,5 cm setelah pengecekan elevasi Gedung Heritage pada 28 Januari 2024.

Berikut ini Pikirpediatelah merangkum fakta-fakta mengenai Gedung Heritage rusak hingga Proyek BSI Tower dihentikan pada Minggu (4/2/2024).

1. Pemeriksaan Terhadap Kondisi Gedung

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengungkapkan bahwa saat ini sedang dilakukan penelitian dan pemeriksaan terhadap kondisi gedung.

“Dari teman-teman PP sudah menyampaikan untuk melakukan, meminta, melihat bagaimana sih kondisi bangunan ini, dan sudah dilakukan kesempatan untuk melakukan pembuktian, penelitian atas kerusakan-kerusakan yang terlihat apakah ini nanti membahayakan atau enggak. Ini untuk memudahkan proses sampai nanti restorasinya menjadi bagus kembali,” ujarnya.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Rapat Koordinasi

Menteri ESDM Arifin Tasrif langsung menghubungi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono soal Gedung Heritage Kementerian ESDM yang mengalami kerusakan akibat proyek BSI Tower yang kini dikerjakan PT PP (Persero) Tbk).

“Tadi sudah kita rapat dengan PU dan juga dari Dinas Cagar Budaya. Teman-teman PU minta waktu untuk melakukan analisis, untuk menjadwalkan seperti apa sih nanti proses restorasinya. Pak Arifin langsung ke Pak Basuki,” ujarnya,

3. Komitmen PT PP (Persero) Tbk

Arifin menjelaskan, PT PP sudah menyanggupi akan melakukan restorasi dan nanti ditambahkan dan dicek lagi beberapa titik untuk memastikan tanahnya seperti apa.

“Jadi ada pemantauan memang ini terbukti ada sedikit penurunan di pojok sebelah sini, ada penurunan tapi nggak terlalu signifikan, tapi turun sehingga menyebabkan ada retakan,” ujarnya.

4. Akan Dilakukan Evaluasi

PT PP (Persero) Tbk akan melakukan evaluasi, pendampingan oleh Kementerian PUPR dan menyusun tindak lanjut perencanaan mitigasi lanjutan untuk perkuatan.

“Kami saat ini tengah mengevaluasi bersama ahli geoteknik dan didampingi oleh PUPR dalam mengantisipasi settlement ini agar terkendali kedepannya,” kata Sekretaris Perusahaan PT PP (Persero) Bakhtiyar Efendi.

5. Langkah Antisipatif dan Mitigasi

PT PP (Persero) telah mengambil langkah-langkah antisipatif dan mitigasi untuk mengatasi risiko pergerakan tanah, termasuk penempatan inclinometer, monitoring settlement secara berkala, penggunaan sistem dinding penahan tanah secant pile yang sesuai dengan karakteristik tanah di lokasi, dan mempertahankan dinding penahan tanah yang sudah ada.

6. Hasilkan Rekomendasi

Langkah-langkah ini telah dikoordinasikan dengan Kementerian ESDM sebelumnya, yang menghasilkan rekomendasi untuk sementara waktu mengosongkan Gedung Heritage guna evaluasi dan restorasi lebih lanjut.

Hal ini menunjukkan komitmen dalam mengambil tindakan preventif dan koordinasi yang efektif dengan pihak terkait untuk menjaga keamanan dan integritas bangunan.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *