Example 728x250
Berita

7 Jus untuk Turunkan Kadar Kolesterol, Cegah Stroke dan Serangan Jantung : Pikirpediahealth

7
×

7 Jus untuk Turunkan Kadar Kolesterol, Cegah Stroke dan Serangan Jantung : Pikirpediahealth

Share this article



KOLESTEROL menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami masyarakat. Pola makan yang tidak sehat dan tinggi lemak menyebabkan seseorang terserang kolesterol.

Jika dibiarkan terus menerus, kolesterol yang tidak dikontrol bisa menyebabkan stroke maupun serangan jantung. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa jus yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Merangkum dari Medicalnews Today, Selasa (6/2/2024) berikut ulasannya.

1. Jus Wortel

Minuman ini banyak mengandung banyak serat larut. Maksud dari serat larut adalah bersifat mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh. Serta memiliki kandungan kalsium vitamin C.

2. Jus Lemon

Minuman menyegarkan yang satu ini tak hanya bagus menurunkan berat badan, tapi juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Air lemon tinggi kandungan antioksidan dan pektin, yaitu serat larut yang menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan manfaat konsumsi kulit lemon. Terdapat kandungan limonene yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida.

3. Jus Buah Delima

Buah yang berwarna merah ini memiliki banyak kandungan nutrisi seperti magnesium, kalium, zinc, antioksidan polifenol, kalium, dan beberapa nutrisi lainnya. Bukan hanya buahnya yang mengandung banyak nutrisi, biji delima juga dipercaya kaya akan nutrisi seperti zat besi. Biji delima diyakini dapat meningkatkan kesuburan dan kekebalan tubuh.

Kandungan antioksidan dan serat yang ada di dalam buahnya dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Sebuah penelitian yang dilakukan secara meta analisis dalam jurnal Pharmacological Research menyebutkan, mengkonsumsi jus buah delima secara rutin, paling tidak 2-12 pekan, dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik.

4. Jus Anggur

Minuman ini memiliki antioksidan yang dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik sekaligus mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Konsumsi jus anggur, jeruk, dan stroberi secara teratur juga berkhasiat meminimalkan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya yang kerap disebabkan kenaikan kadar kolesterol.



Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Jus Jambu Merah

Mengkonsumsi jus jambu merah secara rutin selama kurang lebih tiga bulan ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu juga dapat menurunkan lemak jahat hingga 50 persen. Banyak sekali kandungan vitamin yang terdapat pada jambu merah seperti vitamin C, vitamin E dan selenium.

6. Jus Kale

Jus ini tidak hanya cocok dijadikan hidangan pelengkap nasi, tetapi juga bisa diolah menjadi jus penurun kolesterol paling cepat. Kale mengandung antioksidan karotenoid yang berfungsi menghilangkan radikal bebas penyebab pengerasan pembuluh darah. Konsumsi jus kale secara rutin dapat membantu asam empedu mengikat kolesterol berlebih dan membuangnya dari tubuh.

7. Jus Pir

Pir juga mengandung pektin yang bermanfaat mengeluarkan kolesterol dari saluran pencernaan.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *