Example 728x250
Berita

Ada Tradisi Paskah di Larantuka, 5 Ekstra Trip Disiapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang : PikirpediaTravel

6
×

Ada Tradisi Paskah di Larantuka, 5 Ekstra Trip Disiapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang : PikirpediaTravel

Share this article



PT ANGKUTAN Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) siap menambah jadwal penyeberangan selama prosesi Semana Santa, yakni sebuah tradisi Paskah yang berlangsung di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang, Sugeng Purwono menyampaikan, pihaknya menyediakan lima ekstra trip atau penyeberangan tambahan mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Ada lima ekstra trip dari ASDP bagi para peziarah yang akan mengikuti prosesi Semana Santa di Larantuka,” ungkap Purwono kepada wartawan.

Penerapan ekstra trip ini, kata dia, merupakan bagian dari upaya ASDP menyukseskan pelaksanaan iven wisata religi yang dirayakan menjelang Hari Raya Paskah dalam tradisi keagamaan Katolik di ujung timur Pulau Flores itu.

“Biasanya kalau sesuai jadwal hanya di hari Minggu dan Selasa saja, tetapi untuk prosesi Semana Santa ditambah lagi,” ujarnya.

Adapun lima jadwal penyeberangan tambahan tersebut meliputi Jumat, 22 Maret 2024 pukul 13.00 Wita, Minggu, 24 Maret 2024 pukul 14.00 Wita, Selasa 26 Maret 2024 pukul 13.00 Wita, Kamis 28 Maret 2024 pukul 12.00 Wita, dan Jumat 29 Maret 2024 pukul 13.00 Wita.

Pihaknya, kata Purwono, bahkan bisa menambahkan lagi armada penyeberangan jika ada kemungkinan dalam satu hari terdapat lonjakan peziarah melebihi kapasitas kapal yang tersedia.

“Kita lihat situasi saja nanti. Jika memang membludak penumpangnya akan kami tambah lagi armadanya, sehingga bisa jadi satu hari ada dua armada yang diberangkatkan,” tuturnya.

Ia mengaku sudah membicarakan pula hal ini dengan Dinas Perhubungan Provinsi NTT. Pihak dinas terkait menyambut baik rencana tersebut demi terakomodirnya para peziarah yang akan berangkat ke Larantuka.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Semua layanan penyeberangan ini berbayar sebagaimana biasanya. Pihaknya mengharapkan para peziarah yang hendak berangkat bisa menyesuaikan diri dengan jadwal penyeberangan yang tersedia.

“Kalau untuk gratis sampai saat ini belum ada, tetapi bahwa ada penambahan armada. Jadi, peziarah bisa menyesuaikan dengan jadwal yang ada,” tutup Purwono.

Semana Santa diketahui merupakan ritual perayaan Pekan Suci Paskah yang dilangsungkan selama 7 hari berturut-turut oleh umat Katolik di Larantuka, Flores Timur.

(Foto: Instagram/@asdp.kupang)

Kata Semana Santa berasal dari bahasa Portugis: Semana yang berarti ‘pekan’ atau ‘minggu’ dan Santa yang berarti ‘suci’. Semana Santa berarti pekan suci yang meliputi Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci hingga perayaan Minggu Paskah.

Semana Santa telah menjadi ikon Kabupaten Flores Timur dengan daya tarik tariknya yang luar biasa, baik bagi peziarah maupun wisatawan dari pelbagai negara.

Tradisi ini juga menjadi wujud toleransi antar umat beragama di Flores Timur serta turut menggeliatkan perekonomian warga masyarakat lokal Larantuka secara khusus dan Kabupaten Flores Timur umumnya.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *