Example 728x250
Berita

Anak Sering Terinfeksi Flu dan Batuk? Begini Cara Mengatasinya : Pikirpediahealth

8
×

Anak Sering Terinfeksi Flu dan Batuk? Begini Cara Mengatasinya : Pikirpediahealth

Share this article



CUACA yang tidak menentu membuat anak lebih rentan terkena masalah kesehatan seperti batuk dan pilek. Banyak dari mereka yang mengalami kondisi ini bahkan hingga hampir setiap bulan. Namun, apakah hal itu aman dan dianggap wajar?

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr Hendra, Sp.A menjelaskan kondisi seperti ini jelas tidak aman. Berdasarkan data WHO normalnya anak mengalami batuk pilek dalam satu tahun yaitu enam sampai delapan kali. Sehingga jika anak mengalami batuk pilek setidaknya hampir setiap bulan, atau dapat dikatakan 12 kali dalam satu tahun, kondisi itu terbilang tidak aman.

“Jadi kalau tiap bulan itu bapil jelas itu nggak aman, dan harus dicari tahu sebabnya mungkin bisa karena asma, alergi, atau bisa juga TBC,” kata dr Hendra, dikutip dalam akun TikToknya @bicaraasikecil, Minggu (4/2/2024).

Akan tetapi, adanya indikasi penyakit pada anak yang membuatnya merasa sering mengalami batuk pilek juga belum tentu benar adanya. Untuk itu, dr Hendra menyarankan kepada orang tua agar memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Jauhkan anak dari orang yang terkena batuk pilek terutama orang dewasa

Meskipun kondisi ini terbilang sulit, apalagi jika anak sudah memasuki usia sekolah terkadang lingkungan di sekolah juga membuat orang tua tidak bisa mengontrol lebih jauh, sebab tidak menutup kemungkinan tular menular antar teman juga bisa terjadi.

2. Pastikan nutrisi si kecil

Hal ini bisa dimulai dengan pemberian ASI minimal enam bulan. Kemudian MPASI yang sesuai kebutuhan si kecil, dan memastikan berat badan anak naik sesuai dengan target usianya.

3. Imunisasi

Dokter Hendra mengatakan kebiasaan melakukan imunisasi ini menjadi kebutuhan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap anak, apalagi saat ini jenis imunisasi sudah mulai banyak dengan tujuan mencegah anak batuk pilek.

4. Jauhkan anak dari aneka asap

Asap seperti rokok, bakar-bakaran, dan obat nyamuk menjadi beberapa contoh asap yang perlu dihindari. Karena aneka asap ini dapat mengiritasi paru-paru si kecil.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Lingkungan

Lingkungan wajib bersih, ventilasi bagus, kemudian tidak lupa ditambah dengan menerapkan perilaku bersih hidup sehat. Karena kondisi ini juga bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan anak.

Lantas kapan anak harus dibawa ke dokter?

Dokter Hendra menuturkan anak yang mengalami batuk pilek jika disertai demam selama tiga hari tidak kunjung turun, sesak nafas, sakit telinga atau keluar cairan, nafsu makan dan minum si kecil menurun atau bahkan sampai tidak mau makan minum sama sekali, batuk kronis atau batuk lebih dari dua minggu dan sering kambuh-kambuhan, maka harus segera dibawa ke dokter.

“Pada anak itu mayoritas tidak memerlukan antibiotik dan bisa sembuh dalam 7-10 hari,” ucap dr Hendra.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *