Example 728x250
Berita

Harga Tanah SHM Lebih Mahal, Ini Alasannya : Okezone Economy

6
×

Harga Tanah SHM Lebih Mahal, Ini Alasannya : Okezone Economy

Share this article



JAKARTAHarga tanah Sertifikat Hak Milik (SHM) lebih mahal. Hal ini disebabkan ketika membeli properti, kelengkapan dokumen merupakan salah satu hal yang terpenting. Fakta ini jarang diketahui oleh pembeli.


Sertifikat Hak Milik (SHM) adalah jenis sertifikat dengan kepemilikan hak penuh atas lahan atau tanah oleh pemegang sertifikat tersebut. SHM juga menjadi bukti kepemilikan paling kuat atas lahan atau tanah yang bersangkutan.

Tidak akan ada lagi campur tangan atau pun kemungkinan kepemilikan oleh pihak lain jika memiliki SHM. Ternyata alasan kenapa tanah SHM jauh lebih mahal adalah karena mendapatkannya sangat susah. Sebab untuk mendapatkannya butuh proses dan administrasi yang cukup tinggi.

Apalagi dengan memiliki tanah SHM menguntungkan jika terjadi suatu masalah di kemudian hari terkait dengan kepemilikan rumah atau properti lainnya, nama yang tercantum dalam SHM akan tetap menjadi pemilik yang sah di mata hukum.

Berikut keuntungan memiliki tanah SHM:

  • Menjadi bukti terkuat kepemilikan properti

Dalam pasal 20 UUPA, hak milik atas tanah serta bangunan merupakan hak turun temurun, terkuat bahkan terpenuh yang bisa dimiliki orang atas tanah tersebut. Dengan begitu, SHM memiliki segudang manfaat khususnya bagi sang pemilik. Karena, jika terjadi suatu masalah di kemudian hari terkait dengan kepemilikan rumah atau properti lainnya, nama yang tercantum dalam SHM akan tetap menjadi pemilik yang sah di mata hukum.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jika legalitas hunian yang dimiliki hanya berupa Sertifikat Hak Guna Bangunan, bisa saja akan memiliki kesulitan ketika ingin merenovasi rumah dengan suka hati. Hal ini sebab harus mematuhi aturan renovasi yang sudah ditetapkan oleh developer.

Oleh sebab itu, jika memiliki niat menetap dalam jangka yang cukup lama atau bahkan berinvestasi, pastikan dulu jika properti yang Anda punya memiliki SHM.

Baca selengkapnya: Ternyata Ini Alasan Kenapa Tanah SHM Jauh Lebih Mahal




Source link

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *