Example 728x250
Berita

Harta Kekayaan Pengusaha Muslim Terkaya di Afrika Capai Rp216 Triliun : PikirpediaEconomy

5
×

Harta Kekayaan Pengusaha Muslim Terkaya di Afrika Capai Rp216 Triliun : PikirpediaEconomy

Share this article



JAKARTAPengusaha muslim terkaya di Afrika, Aliko Dangote mencapai angka yang fantastis. Pasalnya, saat kekayaan bersih yang dimilikinya mencapai USD13,9 miliar atau setara dengan Rp216,1 triliun (Kurs Rp15.546).


Dilansir dari Forbes, Kamis (25/1/2024), Aliko merupakan seorang miliarder asal Benua Afrika yang menduduki posisi pertama dalam daftar orang terkaya di Afrika. Aliko dikenal sebagai pendiri Dangote Group yang merupakan sebuah perusahaan produsen komoditas terbesar di benua Afrika dan memiliki daerah operasi di Nigeria hingga sejumlah negara di Afrika.

Selain itu, Aliko juga dikenal sebagai seorang pengusaha semen yang memiliki 85% saham Semen Dangote yang diperdagangkan secara publik melalui perusahaan induk. Perusahaannya tersebut adalah produsen semen terbesar di Benua Afrika.

Selama beroperasi, Semen Dangote telah menghasilkan 48,6 juta metrik ton setiap tahun dan beroperasi di 10 negara di Afrika. Orang terkaya ke-101 di dunia itu juga memiliki saham di perusahaan manufaktur garam dan gula yang diperdagangkan secara publik.

Aliko juga membangun sebuah kilang minyak pada tahun 2016 lalu dan baru memulai operasi pemurnian pada tahun 2024 ini. Tidak hanya itu, Aliko juga mulai mengembangkan pabrik pupuk di Nigeria dan telah beroperasi pada Maret 2022.

Dibalik harta kekayaan yang berlimpah, ternyata sejak kecil dirinya dibesarkan oleh kakeknya setelah ayahnya wafat saat dia berumur 8 tahun. Di mana kakeknya Sanusi Dantata, pernah dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya yang tinggal di Kano.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terlahir dari keluarga pengusaha muslim, dirinya dikenal memiliki jiwa bisnis yang sudah dipupuk sejak duduk di sekolah dasar (SD).

Pada tahun 1977, dirinya lulus dari Al-Azhar University di Cairo, Mesir dan memulai keberhasilannya saat umur 21 tahun.

Untuk memulai bisnis, Aliko meminjam uang 500.000 naira kepada pamannya, Aminu Dantata. Kemudian dia membangun Dangote Group. Saat itulah, Aliko mulai berdagang di berbagai industri, mulai dari semen hingga barang-barang pertanian.

Baca Selengkapnya: Profil Aliko Dangote, Pengusaha Muslim yang Orang Terkaya di Afrika


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *