Example 728x250
Berita

IMF Beri Utang Rp13,9 Triliun untuk Ukraina : PikirpediaEconomy

8
×

IMF Beri Utang Rp13,9 Triliun untuk Ukraina : PikirpediaEconomy

Share this article



JAKARTA Dana Moneter Internasional (IMF) akan memberikan pinjaman sebesar USD880 juta atau setara Rp13,9 triliun untuk Ukraina. Sehingga total bantuan anggaran yang akan dicairkan mencapai USD5,4 miliar.

Lembaga pemberi pinjaman dunia itu mengatakan, risiko yang dihadapi Ukraina masih sangat tinggi, khususnya ketidakpastian akan perang dengan Rusia dan prospek pendanaan eksternal. Meskipun kepala misi Ukraina Gavin Gray mengatakan lembaga itu memperkirakan perang di Ukraina akan mereda pada akhir tahun ini.


Gray mengatakan, kinerja Ukraina secara keseluruhan dalam program Fasilitas Dana Perpanjangan dengan IMF tetap kuat selama tahun pertama. Kyiv juga telah memenuhi semua kecuali satu kriteria kinerja kuantitatif.

Satu kriteria yang lewat terpenuhi adalah jumlah penerimaan pajak yang kecil. Demikian dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (23/3/2024).

Ukraina akan menerima dana itu dalam beberapa hari mendatang, kata Gray. Kabar tersebut seharusnya menjadi berita yang disambut baik, di saat Kongres AS terus memperdebatkan persetujuan paket bantuan tambahan bernilai USD61 miliar untuk Ukraina.

Gray mengatakan, IMF harus mempelajari dampaknya terhadap tingkat utang Ukraina, jika anggota kongres AS memutuskan untuk mengubah sebagian dana itu menjadi pinjaman dan bukan hibah.

Wakil Kepala Misis IMF untuk Ukraina, Sanaa Nadeem mengatakan bahwa IMF telah menyetujui sebuah analisis utang keberlanjutan untuk Ukraina yang tidak mengubah analisis makroekonomi negara tersebut seccara material, namun analisis baru tersebut tidak menyertakan utang senilai $3 miliar terhadap Rusia yang telah diperdebatkan oleh otoritas Ukraina.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nadeem mengatakan kepada wartawan bahwa progres yang kredibel telah dicapai dalam restrukturisasi utang komersial Ukraina, dan IMF berharap diskusi teknis terkait hal tersebut dapat berlangsung dalam beberapa minggu ke depan.

Perekonomian Ukraina pada 2023 bertahan lebih kuat daripada proyeksi yang dibayangkan. Namun, tantang tampaknya kembali muncul pada 2024 di mana pertumbuhan ekonomi negara tersebut diprediksi melemah ke kisaran 3% hingga 4% karena ketidakpastian tentang perang dan pembatasan pasokan semakin menguat.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *