Example 728x250
Berita

Ini Penyebab Tergulingnya Truk Rombongan Peziarah yang Menewaskan Lima Orang di Bandung : PikirpediaNews

5
×

Ini Penyebab Tergulingnya Truk Rombongan Peziarah yang Menewaskan Lima Orang di Bandung : PikirpediaNews

Share this article



BANDUNG BARAT – Wadirlantas Polda Jabar, AKBP Edwin Afandi mengungkap penyebab sementara kecelakaan maut yang menewaskan lima peziarah asal Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat mengalami kecelakaan maut, Jumat (26/1/2024).

Peristiwa kecelakaan tunggal truk bernomor polisi D-8304-WY itu terjadi di Jalan Saguling, Desa/Kecamatan Saguling, KBB sekitar pukul 00.30 WIB. Truk terbuka itu mengangkut puluhan orang penumpang.





   

“Saya bisa sampaikan bahwa analisa awal adalah adanya kegagalan sistem rem dari kendaraan terdebut,” ungkap Edwin di lokasi.

Namun untuk penyebab pastinya pihaknya akan melakukan penyelidikan dari mulai olah TKP, pemeriksaan saksi hingga pemeriksaan kondisi kendaraan tersebut. Sebab, kata dia, selain diduga karena rem blong, kecelakaan maut itu juga bisa saja karena adanya faktor lain.

“Kita identifikasi di lapangan yang pertama adalah faktor kendaraan, kedua faktor pengemudi, ketiga faktor lingkungan yaitu kurangnya penerangan, keempat faktor jalan agak rusak sehingga kendaraan akan tergkandala dengan kecepatan tinggi. Namun untuk memastikan penyebab utama terjadinya penyebab kecelakaan kita akan melakukan penyelidikan lebih lanjut,” beber Edwin.

Dirinya membeberkan, kondisi arus lalu lintas di TKP saat kejadian menurun tajam yang menguatkan dugaan kendaraan mengalami kegagalan pada sistem rem yang membuat pengemudi kehilangan kendali. Kendaraan yang mengangkut rombongan peziarah itupun terguling, hingga penumpangnya terlempar.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Arus lalu lintas dalam keadaan sepi kemudian penerangan jalan kurang, tidak ada. Sebelum di TKP jalan menurun tajam sehingga kita temukan beberapa tanda bahwa kendaraan ini tidak melakukan pengereman dan pada saat kendaraan ini posisi menurun dalam kondisi kecepatan tinggi sehingga menyebakan kendaraan ini terguling dan menyebabkan penumpang yang ada di atas kendaraan terlempar,” ungkapnya.

Dia mengatakan, saat kejadian truk angkutan barang itu mengangkut puluhan peziarah asal Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor. Lima orang meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut, sedangkan sisanya mengalami luka-luka.

“Dan kecelakaan ini mengakibatkan lima orang meninggal dunia, tiga orang meninggal di TKP dua orang meninggal di perjalanan,” pungkasnya.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *