Example 728x250
Berita

Jumlah Korban Penguntitan di Dunia Online Meningkat, Indonesia Masuk 10 Besar : PikirpediaTechno

7
×

Jumlah Korban Penguntitan di Dunia Online Meningkat, Indonesia Masuk 10 Besar : PikirpediaTechno

Share this article



Penguntitan di dunia online meningkat, Indonesia masuk 10 besar. (Ilustrasi/Freepik)




JAKARTA – Perusahaan keamanan siber asal Rusia, Kaspersky, mengungkap hampir 31 ribu pengguna smartphone di seluruh dunia menjadi sasaran Stalkerware, perangkat lunak yang digunakan untuk menguntit seseorang. Jumlah ini meningkat dibandingkan sebelumnya.



Dalam survei yang dilakukan, Kaspersky mencatat pada 2023, sebanyak 31.031 individu unik di seluruh dunia terkena dampak penguntitan. Jumlah ini meningkat hampir 6 persen secara tahun ke tahun (5,8%) dari 29.312 pengguna yang terkena dampak pada tahun 2022.



Menurut Kaspersky Security Network, pada 2023, pengguna di Rusia (9.890), Brasil (4.186), dan India (2.492) adalah tiga negara yang paling banyak terkena dampak stalkerware. Iran (1,578) masuk lima besar di susul oleh Turki (1,063), Indonesia (871), Amerika Serikat (799), dan Yaman (627).



Spektrum pelecehan beragam, dengan lebih dari sepertiga (39%) responden di seluruh dunia melaporkan pengalaman kekerasan atau pelecehan yang dilakukan oleh pasangannya saat ini atau sebelumnya. Dari mereka yang ditanyai untuk laporan ini, 23% orang di seluruh dunia mengungkapkan, mereka pernah mengalami semacam penguntitan online dari seseorang yang baru saja dikencani. Selain itu, secara keseluruhan 40% melaporkan pernah atau diduga mengalami penguntitan.



Di sisi lain, 12% mengaku memasang atau mengatur parameter pada ponsel pasangannya. Sementara sembilan persen mengakui menekan pasangannya untuk memasang aplikasi pemantauan. Namun, gagasan memantau pasangan tanpa sepengetahuan mereka tidak disetujui oleh sebagian besar individu (54%), yang mencerminkan sentimen umum terhadap perilaku tersebut.



Mengenai sikap terhadap pemantauan aktivitas online pasangannya secara konsensual, 45 persen responden menyatakan ketidaksetujuannya, dan menyoroti pentingnya hak privasi. 




 


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *