Example 728x250
Berita

KPU Akui Kontrak Alibaba untuk Komputasi Sirekap, Roy Suryo: Awal Terbongkarnya Kebobrokan : PikirpediaNasional

6
×

KPU Akui Kontrak Alibaba untuk Komputasi Sirekap, Roy Suryo: Awal Terbongkarnya Kebobrokan : PikirpediaNasional

Share this article



JAKARTA – Pakar telematika, Roy Suryo angkat bicara soal pengakuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait adanya kerja sama dengan raksasa teknologi asal Tiongkok, Alibaba. Kerja sama ini dalam rangka pengadaan dan kontrak komputasi awan (cloud) untuk sistem informasi rekapitulasi suara (Sirekap) Pemilu 2024.

Roy Suryo mengaku bersyukur akhirnya apa yang disampaikan beberapa waktu lalu terkait hal ini, bisa diakui juga oleh KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu. Kendati demikian, pengakuan ini diyakini bukan untuk terakhir kalinya.

“Ini masih indikasi awal dari terbongkarnya beberapa kepalsuan-kepalsuan atau kebobrokan-kebobrokan yang lain dari KPU, saya harus bilang begitu,” kata Roy kepada iNews Media Group, Kamis (14/3/2024).

 BACA JUGA:

Dia pun menyayangkan mengapa KPU mengakui adanya jalinan kerja sama itu harus melalui sidang terlebih dahulu. Roy pun mengungkit pernyataan salah satu Anggota KPU RI, ketika menyikapi isu ini dalam jumpa pers dengan awak media beberapa Pekan lalu.

“Ada salah satu komisioner yang cewek waktu itu, inisial BE waktu itu kan bilang, meyakinkan, kami jamin data-data tidak ada yang disimpan di luar negeri, tapi begitu mau sesi tanya jawab bubar mereka, ilang semua,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Informasi Pusat (KIP) menyidangkan sengketa informasi yang dimohonkan Yayasan Advokasi Hak Konstitusional (Yakin). Dalam persidangan terungkapbahwa pihak termohon dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) ternyata bekerja sama dengan Alibaba.

 BACA JUGA:

Mulanya, Majelis Komisioner (MK) KIP Arya Sandhiyudha menanyakan langsung kepada Luqman Hakim dari perwakilan KPU, apakah benar perinal kontrak kerja sama dengan Alibaba. Dalam persidangan Luqman membenarkan kerja sama itu berkaitan dengan cloud Sirekap.

“Benar KPU memiliki kerja sama dengan Alibaba?” tanya Majelis, Rabu (13/3/2024).

“Iya,” jawab Luqman.





Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *