Example 728x250
Berita

KPU Buka Peluang Penetapan Hasil Pemilu 2024 Dilakukan Esok Hari : PikirpediaNasional

4
×

KPU Buka Peluang Penetapan Hasil Pemilu 2024 Dilakukan Esok Hari : PikirpediaNasional

Share this article



JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka peluang penetapan hasil rekapitulasi suara berjenjang tingkat nasional Pemilu serentak tahun 2024 akan dibacakan pada hari Senin (17/3/2024) besok.

Anggota KPU RI, Idham Holik menyampaikan bahwa penetapan hasil Pemilu 2024 ini bisa dilakukan dengan catatan, apabila proses rekapitulasi suara berjenjang dari seluruh Provinsi telah dilakukan.

“Prinsipnya ketika semua sudah selesai, maka langsung akan ditetapkan oleh Ketua KPU RI,” kata Idham kepada wartawan, Minggu (17/3/2024).

Idham mengatakan bahwa penetapan hasil Pemilu 2024 tidak harus dilakukan 20 Maret jika semua Provinsi sudah dilakukan rekapitulasi berjenjang tingkat nasional. Diketahui, tanggal 20 Maret merupakan batas akhir rekapitulasi suara dan harus dilakukan penetapan hasil Pemilu 2024.

“Prinsipnya kami bekerja harus sesuai dengan prinsip efektif, efisien, itulah yang menjadi titik tekan dari amanah putusan MK Nomor 14/PU-XI/2013 Tentang Pemilu Serentak,” ujarnya.





Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara berjenjang tingkat Nasional untuk Provinsi Papua Tengah malam ini. Sementara, Provinsi lainnya yang belum akan melakukan rekapitulasi di KPU pada hari Senin (18/3/2024) besok.

“Malam ini rencananya pukul 20.30 rapat pleno terbuka akan dilanjutkan untuk Papua Tengah, sedangkan sisa lima lainnya, kita sudah mendapatkan konfirmasi mulai besok akan datang ke Jakarta semua,” kata Anggota KPU RI, August Mellaz di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2024).


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *