Example 728x250
Berita

Peristiwa 29 Januari : Wafatnya Jenderal Soedirman hingga Demo Penurunan Gus Dur : PikirpediaNasional

6
×

Peristiwa 29 Januari : Wafatnya Jenderal Soedirman hingga Demo Penurunan Gus Dur : PikirpediaNasional

Share this article



BERBAGAI peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 29 Januari. Mulai dari wafatnya Jenderal Besar Soedirman hingga Cimahi ditetapkan jadi kota administratif.

Selain peristiwa-peristiwa itu, masih ada sejumlah momen bersejarah lainnya. Pikirpediamerangkum beberapa peristiwa yang terjadi pada 29 Januari sebagaimana dikutip dari laman Wikipedia:



Wafatnya Jenderal Besar Soedirman

Jenderal Besar Raden Soedirman lahir 24 Januari 1916 dan meninggal 29 Januari 1950 pada umur 34 tahun. Ia adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Sebagai panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama, ia adalah sosok yang dihormati di Indonesia.

Terlahir dari pasangan rakyat biasa di Purbalingga, Hindia Belanda, Soedirman diadopsi pamannya yang seorang priyayi. Setelah keluarganya pindah ke Cilacap pada 1916, Soedirman tumbuh menjadi seorang siswa rajin; ia sangat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, termasuk mengikuti program kepanduan yang dijalankan oleh organisasi Islam Muhammadiyah.

 BACA JUGA:

Saat di sekolah menengah, Soedirman mulai menunjukkan kemampuannya dalam memimpin dan berorganisasi, dan dihormati masyarakat karena ketaatannya pada Islam.

Setelah berhenti kuliah keguruan, pada 1936 ia mulai bekerja sebagai seorang guru, dan kemudian menjadi kepala sekolah, di sekolah dasar Muhammadiyah; ia juga aktif dalam kegiatan Muhammadiyah lainnya dan menjadi pemimpin Kelompok Pemuda Muhammadiyah pada tahun 1937.

Setelah Jepang menduduki Hindia Belanda pada 1942, Soedirman tetap mengajar. Pada 1944, ia bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang disponsori Jepang, menjabat sebagai komandan batalion di Banyumas. Selama menjabat, Soedirman bersama rekannya sesama prajurit melakukan pemberontakan, namun kemudian diasingkan ke Bogor.

Tabrakan Kereta Api di Jepang Tewaskan 181 Orang

Tiga kereta api di Jalur Sakurajima di Osaka, Jepang, saling bertabrakan dan meledak ketika mendekati stasiun Ajikawaguchi. Sebanyak 181 orang tewas akibat kejadian itu.

 BACA JUGA:

Demo Desak Gus Dur Mundur

Ribuan mahasiswa di Indonesia menyerbu Gedung MPR/DPR pada 29 Januari 2001, meminta Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengundurkan diri karena tuduhan skandal korupsi Buloggate dan Bruneigate.

Desakan Gus Dur mundur dari Presiden merebak sejak akhir 2000. Gus Dur dinilai gagal menjalankan agenda reformasi dan dituduh bertingkah seperti Orde Baru. Akhirnya pada pada 23 Juli 2001, Gus Dur dimakzulkan oleh MPR yang dipimpin Amien Rais.

 BACA JUGA:

Cimahi Jadi Kota Administratif

Kota Cimahi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak di tengah Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Cimahi dahulu bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976.

Pada 21 Juni 2001, Cimahi ditetapkan sebagai kota otonom. Kota Cimahi terdiri atas 3 kecamatan, yang dibagi lagi atas 15 kelurahan.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *