Example 728x250
Berita

Piala Asia 2023: AFC Klarifikasi Kartu Merah Kontroversial Aymen Hussein di Laga Irak vs Yordania : PikirpediaBola

5
×

Piala Asia 2023: AFC Klarifikasi Kartu Merah Kontroversial Aymen Hussein di Laga Irak vs Yordania : PikirpediaBola

Share this article



DOHA – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengklarifikasi kartu merah kontroversial yang diterima Aymen Hussein di laga Irak versus Yordania. AFC menjelaskan, keputusan tersebut sudah sesuai dengan hukum permainan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Timnas Irak menelan kekalahan tipis dari Yordania 2-3 di perempatfinal Piala Asia 2023, Senin (29/1/2024) lalu. Dalam pertandingan itu, dua kartu merah diberikan oleh wasit Alireza Faghani, masing-masing satu untuk kedua tim yang bermain.

Kartu merah untuk Timnas Irak diberikan kepada Aymen Hussein yang baru saja mencetak gol pada menit ke-77. Hussein yang berselebrasi tiba-tiba mendapatkan kartu kuning keduanya dalam laga tersebut.

Alhasil, Timnas Irak bermain dengan 10 orang kendati sedang unggul 2-1. Pada menit-menit akhir, Yordania yang terus menekan berhasil mencetak dua gol pengunci kemenangan. Dalam momen itu, pemain Yordania Hamza Al-Dardour juga mendapatkan kartu merah.

 BACA JUGA:

Akan tetapi, publik mempertanyakan keputusan wasit yang memberikan kartu merah kepada Hussein. Pasalnya, Timnas Irak tentu merasa dirugikan karena harus kehilangan satu pemain penting ketika sedang unggul.

Spekulasi bertebaran menuduh wasit berlaku kurang adil dan membuat keputusan kontroversial. Menjawab berbagai tudingan itu, AFC merilis klarifikasi untuk meluruskan perspektif publik.

Baca Juga: ajinomoto-health-provider-ajak-para-ibu-tingkatkan-perilaku-sadar-gizi-keluarga


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam pernyataannya, AFC menegaskan keputusan wasit Alireza Faghani sudah sesuai dengan aturan IFAB. Aymen Hussein dianggap melakukan pelanggaran karena berselebrasi terlalu lama, dan dianggap menunda dimulainya pertandingan.

“Sesuai dengan Hukum Permainan IFAB (The International Football Association Board), keputusan pemberian kartu kuning kedua kepada pemain Irak bernomor punggung 18 Aymen Hussein pada menit ke-77 didasarkan pada Hukum 12 (Pelanggaran dan Pelanggaran – Tindakan Disiplin: Menunda Restart of the Play) dimana Wasit harus memperingatkan pemain yang terlalu menunda restart,” tulis klarifikasi AFC, dikutip dari situs resminya, Jumat (2/2/2024).

 

“Aymen Hussein terlalu menunda dimulainya kembali pertandingan setelah mencetak gol pada menit ke-75. Saat selebrasi sang pemain, Wasit memberikan peringatan keras kepada Aymen Hussein sebanyak tiga kali sebelum akhirnya memberinya kartu kuning kedua,” sambung keterangan AFC.

“Dalam hal ini, peringatan kedua yang diberikan kepada Aymen Hussein adalah keputusan yang tepat dari Wasit, sesuai dengan Hukum Permainan. AFC sangat mendorong para penggemar, media, dan pemangku kepentingan untuk menghormati keputusan yang dibuat oleh ofisial pertandingan,” tambah keterangan itu.

Sementara itu, Timnas Yordania yang lolos ke perempatfinal akan berhadapan dengan Tajikistan. Pertandingan itu akan berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Qatar pada hari ini, Jumat (2/2/2024) pukul 18.30 WIB. Seluruh pertandingan Piala Asia 2023 bisa disaksikan di iNews, RCTI dan Vision+.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *