Example 728x250
Berita

Sandiaga Uno Sebut Cimahi Berpeluang Jadi City of Animation Dunia : PikirpediaNews

4
×

Sandiaga Uno Sebut Cimahi Berpeluang Jadi City of Animation Dunia : PikirpediaNews

Share this article



CIMAHI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno menyebutkan Kota Cimahi berpeluang dinobatkan menjadi ‘Kota Animasi’ di level dunia. Seperti halnya Kota Bandung yang dinobatkan menjadi salah satu dalam jaringan kota kreatif UNESCO Creative Cities Network.

“Siapa tau karena Bandung sudah menjadi UNESCO sebagai city of design, jangan-jangan (Cimahi) ini bisa jadi city of animation di level dunia,” kata Sandiaga Uno usai menghadiri Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif tahun 2024 yang digelar di Alam Wisata Cimahi, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Jawa Barat pada Kamis (4/4/2024).

Dia mengatakan, Cimahi ini memang hanyalah sebuah kota kecil namun memiliki daya tarik dengan keberadaan industru kreatifnya yang sudah mendunia. Dari mulai animasi, video, kuliner hingga fesyen sehingga sejak tahun 2021 dinobatkan menjadi Kota Kreatif di Indonesia.

“Cimahi ini kota kecil yang punya daya tarik, kita bisa tingkatkan karena ini sudah jadi kota kreatif di Indonesia. Bersyukur Cimahi sudah ditetapkan jadi kota kreatif. Ada subsektor unggulannya itu animasi, video, fesyen,” ujarnya.




Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dengan semakin berkembangnya industri kreatif di Kota Cimahi hingga ke level dunia, kata Sandiaga Uno, maka lapangan pekerjaan pun akan semakin terbuka lebar. Sehingga keunggulan yang dimiliki Kota Cimahi ini harus terus dikembangkan dan harapannya bisa menjadi City of Animation level dunia.

“Jadi harapannya ini bisa menciptakan peluang-peluang lapangan kerja yang banyak dan para tokoh-tokoh Cimahi, tokoh mudanya bisa juga membuat usaha yang memperkenalkan Kota Cimahi lebih mendunia,” kata dia.

Untuk membantu mengembangkannya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga terus menggalakan

Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif tahun 2024 yang merupakan program pengembangan kabupaten/kota kreatif yang untuk meningkatkan inovasi dan kewirausahaan pelaku ekonomi kreatif di semua daerah di Indonesia.

“Ini lokasi ke-3 kami roadshow. Kami ingin memahami butuhnya apa (para pelaku ekonomi kreatif) semakin meningkat,” kata Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno memberikan motivasi kepada para pelaku ekonomi kreatif di Kota Cimahi. Dia meminta para pengusaha lokal ini jangan pantang menyerah meskipun pernah diterpa kegagalan.

“Mari kita terapkan 3 G, yakni gercep aloas gerak cepat, geber itu gerak bersama, dan gaspol,” tandas Sandiaga Uno.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *