Example 728x250
Berita

Strategi Ganjar Perluas Pengolahan Sampah hingga Buka Lowongan Kerja : PikirpediaMegapolitan

10
×

Strategi Ganjar Perluas Pengolahan Sampah hingga Buka Lowongan Kerja : PikirpediaMegapolitan

Share this article



JAKARTA – Bertemu para pelaku sektor informal persampahan, Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan, pembukaan 17 juta lapangan kerja, bisa menepati berbagai tempat dan pekerjaan yang digeluti, termasuk dalam pengolahan sampah.

Hal itu datang dari ide ekonomi sirkular yang diusung Ganjar yang punya dampak bagus jika bisa diselesaikan.

“Kalau bicara sampah organiknya bisa jadi (makan) maggot, bisa untuk mendorong proses ketahanan pangan mulai dari supply chain yang ada, termasuk pakan ternak, kemudian bicara subtitusi kalau mereka membuat protein untuk pakan ternak,” jelas Ganjar usai berkunjung ke Waste4Change di Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/2/2024).

Ganjar menambahkan, dirinya sudah bertemu dengan peternak maggot yang membuatnya tahu bahwa ada masalah cukup serius urusan suplai makan.

“Ini di pemerintah kota sudah memberi contoh, memberikan insentif bantuan sehingga bisa berjalan lancar,” kata Ganjar.

Capres Partai Perindo Ganjar Pranowo melanjutkan, masukkan dari ibu-ibu penggerak Bank Sampah sudah bagus, jika kemudian bisa diberikan kepada masing-masing RW.

Ganjar memperkirakan mereka bisa menyelesaikan persoalan sampah dari awal dan ini butuh edukasi juga tidak semudah kita bayangkan.




Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal tersebut, kata Ganjar, contoh terbaik yang kemudian hanya tinggal mereplikasi saja atau regulatory sandbox, kemudian untuk diuji coba.

“Jadi, membuka 17 lapangan kerja itu bukan sekedar buat pabrik investasi, jadi pegawai, tapi juga bisa menjadi entrepreneur dengan contoh ini,” ungkap Ganjar.

“Tinggal ada dua saja, kita membuat regulasi yang kedua memberikan insentif kepada mereka atau bantuan kepada mereka,” pungkasnya.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *