Example 728x250
Berita

Ternyata Ini Perbedaan Barongsai dan Liong dalam Tradisi Imlek : PikirpediaTravel

10
×

Ternyata Ini Perbedaan Barongsai dan Liong dalam Tradisi Imlek : PikirpediaTravel

Share this article



TERDAPAT perbedaan antara Barongsai dan Liong dalam tradisi Imlek yang mungkin masih banyak orang belum mengetahuinya.

Mendekati hari perayaan Tahun Baru Imlek, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia mulai sibuk mempersiapkan banyak hal. Mulai dari menyiapkan angpao, belanja makanan khas Imlek, menghias rumah dan sekitarnya, hingga mempersiapkan pertunjukan Barongsai dan Liong.

Tari Barongsai dan Liong memang menjadi pertunjukan wajib pada Tahun Baru Imlek dan acara Tionghoa lainnya. Melansir Fit Life Martial Arts, Barongsai dan Liong telah ada sejak zaman Dinasti Han pada kurun waktu 202 SM hingga tahun 220 M.

Kedua tarian ini dianggap sebagai tarian yang mampu mengusir pengaruh roh jahat, membawa keberuntungan, dan yang pasti menghibur penontonnya.

Banyak orang yang mengira jika Barongsai dan Liong adalah bentuk tarian yang sama. Padahal keduanya adalah tarian yang sangat berbeda kendati kerap tampil bersama. Berikut tiga perbedaan Barongsai dan Liong.

(Foto: China Family Adventure)

1. Bentuk dan sejarah

Barongsai digambarkan sebagai seekor singa yang ditemukan di Asia Tengah puluhan abad yang lalu. ini melambangkan sifat kepahlawanan.

Dan dalam pelaksanaannya, Barongsai dimainkan oleh dua orang dimana satu memegang bagian kepala, sedang satu berada di bagian ekor.

Berbeda dengan hal itu, Liong digambarkan sebagai seekor naga yang sangat panjang dengan sisik dan 4 kaki. Naga merupakan lambang seorang kaisar yang digambarkan sangat kuat.

Naga adalah kerabat surgawi dari ular. Itulah sebabnya naga memiliki bentuk yang panjang seperti ular. Dan dalam tari Liong, naga juga berbentuk memanjang yang tubuhnya ditopang oleh puluhan orang.



Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Bentuk tarian

Barongsai biasanya menari dengan diiringi oleh gong dan simbal. Selain si singa, dalam pertunjukan Barongsai juga ada seorang yang berperan seperti biksu yang tertawa dan menggoda sang penari untuk menghibur banyak orang.

Tidak sebatas menari, Barongsai juga acap kali datang mendekati penonton. Nantinya penonton dapat meletakkan amplop merah berisikan sejumlah uang ke dalam mulut barongsai.

Berbeda dengan hal itu, tarian naga atau Liong hanya fokus menari. Para penari naga biasanya hanya menari menggerakkan naga untuk mengejar sebuah bola di atas tongkat yang dipegang oleh seorang pemain di depannya.

(Foto: Taufik Budi/MPI)

3. Tempat pertunjukan

Karena hanya dimainkan oleh dua orang, Barongsai dapat dilakukan di berbagai tempat. Mulai dari luar ruangan hingga dalam ruangan. Selain itu, tarian singa ini juga dapat melakukan berbagai atraksi ketangkasan.

Hal berbeda terlihat pada tari naga, Liong. Karena dilakukan oleh banyak orang dengan ukuran naga yang sangat besar, tarian ini biasanya hanya dilakukan di luar gedung saja.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *