Example 728x250
Berita

Timnas Indonesia Segera Naturalisasi Thom Haye, Vietnam Tak Mau Kalah Berpeluang Gaet Gelandang Keturunan Kanada : PikirpediaBola

12
×

Timnas Indonesia Segera Naturalisasi Thom Haye, Vietnam Tak Mau Kalah Berpeluang Gaet Gelandang Keturunan Kanada : PikirpediaBola

Share this article



TIMNAS Vietnam tak mau kalah dengan Timnas Indonesia yang segera mendapat amunisi tambahan dengan menaturalisasi pemain keturunan, di antaranya ada Thom Haye. Vietnam dikabarkan berpeluang gaet gelandang keturunan Kanada, yakni Pierre Lamothe.

Ya, Timnas Indonesia sudah menaturalisasi sejumlah pemain keturunan. Di antaranya, ada Jay Idzes, Justin Hubner, Rafael Struick, Ivar Jenner, hingga Thom Haye. Sederet pemain keturunan Belanda itu telah menyatakan sikap untuk membela Timnas Indonesia.

Jay Idzes, Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner pun sudah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 2023. Sementara Thom Haye, dia masih dalam proses naturalisasi saat ini.

Mendapati hal ini, Vietnam siap ikuti jejak Timnas Indonesia untuk meyakinkan para pemain keturunanya membela tanah leluhur. Pierre Lamothe yang merupakan pemain keturunan Kanda telah menyatakan sikap untuk memperkuat The Golden Stars -julukan Timnas Vietnam.

Gelandang berusia 26 tahun itu mengaku menemukan kegembiraan kembali bermain sepakbola, setelah klub kasta tertinggi Liga Kanada, Pacific FC, meminjamkannya ke Quang Nam FC. Ia pun mengaku sangat istimewa jika mendapat panggilan untuk tampil bersama Vietnam.

“Kesempatan datang ke Vietnam sangat berarti bagi saya. Ini membantu saya menemukan kembali kegembiraan bermain sepakbola. Namun, saya belum terlalu memikirkan bermain untuk tim nasional Vietnam,” kata Pierre Lamothe, dikutip dari Bongda, Sabtu (9/3/2024).

“Saya hanya tahu perasaan itu akan sangat istimewa. Apalagi jika saya dipanggil ke tim, barulah saya akan mengambil keputusan, itu akan menjadi sesuatu yang menarik bagi saya,” ucapnya.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kendati demikian, Pierre Lamothe mengaku akan memperkuat Vietnam jika benar-benar siap. Meski belum yakin, ia tak menutup kemungkinan untuk membela tanah kelahiran leluhurnya.

“Tapi, saya ingin melakukannya ketika saya benar-benar siap dan untuk alasan yang bagus. Saya tidak yakin apakah saya siap saat ini. Namun, 5 bulan terakhir di V-League membuatku berpikir bahwa mungkin suatu hari nanti aku bisa bermain untuk tanah air keduaku,” sambungnya.

Pierre Lamothe memiliki keturunan Vietnam dari ibunya, sementara ayahnya berasal dari Kanada. Ia pun bisa membela Timnas Vietnam setelah menyelesaikan proses naturalisasi.

Bersama Quang Nam FC, Pierre Lamothe sudah tampil selama 824 menit dari 11 laga di Liga Vietnam. Dia telah mencetak satu gol sejauh ini. Pierre Lamothe pun bisa menjadi andalan Vietnam di lini tengah jika Philippe Troussier meyakinkannya untuk berpindah kewarganegaraan.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *