Example 728x250
Berita

Wasit Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di Hanoi Pernah Pimpin Laga Liga 1 hingga Bikin Kontroversi di Piala Asia 2023 : PikirpediaBola

6
×

Wasit Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di Hanoi Pernah Pimpin Laga Liga 1 hingga Bikin Kontroversi di Piala Asia 2023 : PikirpediaBola

Share this article



HANOI – Wasit Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di Hanoi pernah pimpin laga Liga 1 hingga bikin kontroversi pada Piala Asia 2023. Sosok tersebut adalah Alireza Faghani.

Laga Timnas Vietnam vs Timnas Indonesia akan digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa 26 Maret 2024 pukul 19.30 WIB. Itu merupakan pertemuan kedua dalam matchday empat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebelum pertandingan, sosok yang wasit yang bertugas, yakni Alireza Faghani, menjadi sorotan. Sebab, pengadil asal Iran itu ternyata memiliki segudang pengalaman di ajang-ajang FIFA.

Bahkan, Faghani sempat memimpin laga-laga di Liga 1 2017-2018. Hal itu terjadi setelah PSSI memutuskan untuk melibatkan wasit asing demi menambah kualitas kompetisi.

Sayangnya, Faghani juga pernah bikin kontroversi di Piala Asia 2023. Ia mengusir pemain Timnas Irak Aymen Hussein pada laga melawan Timnas Yordania di 16 besar.

Ketika itu, Faghani menghadiahi Aymen dengan kartu kuning kedua lantaran selebrasi yang dinilai provokatif kepada suporter Yordania. Hal tersebut sempat memicu perdebatan lantaran perayaan gol itu disebut multitafsir.


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Yang menarik, Faghani ternyata pernah dua kali memimpin laga yang melibatkan Vietnam. Wasit berusia 46 tahun itu bertugas di laga leg II final Piala AFF 2018 melawan Timnas Malaysia serta 16 besar Piala Asia 2019 melawan Timnas Yordania.

Di kedua laga itu, Vietnam berhasil meraih kemenangan (Yordania via adu penalti). Bisa dibilang, Faghani membawa tuah positif bagi The Golden Star Warriors.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Faghani ternyata pernah sekali memimpin pertandingan yang melibatkan skuad Garuda pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia melawan Timnas Malaysia pada 19 November 2019 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Selangor.

Ketika itu, Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari tuan rumah. Tim Merah Putih sempat mendapat hadiah penalti tetapi gagal dikonversi Osas Marvellous Saha untuk menjadi gol!


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *