Example 728x250
Berita

5 Fakta HP Disadap hingga Menghindari Pinjol Ilegal : PikirpediaEconomy

5
×

5 Fakta HP Disadap hingga Menghindari Pinjol Ilegal : PikirpediaEconomy

Share this article



JAKARTA Pinjaman Online (Pinjol) yang tidak sah alias ilegal seringkali melakukan penyadapan terhadap perangkat pengguna.

Tidak jarang aplikasi pinjaman online ilegal menyadap ponsel para debitur. Hal tersebut menimbulkan ketakutan kontak HP bakal disebar secara sengaja.


Berdasarkan penelusuran Okezone, Minggu (28/1/2024) ada 4 Fakta HP Disadap hingga menghindari pinjol sebagai berikut

1. Munculnya panggilan pesan dari nomor yang tidak dikenal

Munculnya panggilan dan pesan dari nomor tak dikenal. Biasanya pinjol ilegal akan meneror dan mengancam untuk memaksa peminjam atau debitur membayar pinjaman.

2. Kuota internet terkuras

Ketika ponsel disadap oleh pinjol ilegal, kuota internet yang dimiliki pengguna/debitur secara tidak wajar akan terkuras dan merasa cepat habis. Hal tersebut disebabkan karena penyadap membutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan data ke server pengguna lain.

3. Baterai cepat terkuras

Aktivitas penyadapan yang dilakukan pinjol ilegal memerlukan daya komputasi yang tinggi seperti menambang kriptokurensi. Baterai ponsel akan cepat terkuras sebab ponsel bekerja lebih keras saat dibajak oleh pinjol ilegal sehingga ponsel menghasilkan panas yang berlebih.

Baca Juga: Mengenal QRIS Antarnegara yang Bisa Ditemui di Aplikasi M-Smile dari Bank Mega


Follow Berita Pikirpediadi Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Pikirpediahanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Munculnya aplikasi yang tak dikenal

Munculnya aplikasi tak dikenal secara tiba-tiba di perangkat pengguna menandakan bahwa pihak penyadap melakukan aktivitas asing di ponsel pengguna tanpa izin dan sepengetahuan peminjam. Jika terjadi seperti itu, harus buru-buru hapus atau uninstall aplikasi mencurigakan tersebut untuk menghentikan aktivitas penyadapan.

5. Cara Hindari Pinjo

Salah satunya adalah dengan mengganti nomor HP. Dengan mengganti nomor HP, pihak pinjol tidak akan bisa menghubungi peminjam melalui telepon

Meskipun mengganti nomor HP dapat membantu mengurangi kontak dari pihak pinjol, langkah ini bersifat sementara. Peminjam tetap perlu menyelesaikan urusan pinjol tersebut

Sebagai langkah lebih lanjut, peminjam dapat menenangkan diri dan mempersiapkan jawaban atau bahkan uang untuk menyelesaikan pinjol tersebut

Selain itu, peminjam juga dapat membuat pemberitahuan kepada pihak pinjol untuk mengabaikan pesan atau telepon yang datang dari mereka.


Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *