Example 728x250
Berita

Pasar Terus Berkembang, Indonesia Diyakini Akan Jadi Pemain Penting Industri Motor Listrik Dunia : PikirpediaOtomotif

5
×

Pasar Terus Berkembang, Indonesia Diyakini Akan Jadi Pemain Penting Industri Motor Listrik Dunia : PikirpediaOtomotif

Share this article



JAKARTA – Pasar kendaraan roda dua ramah lingkungan di Indonesia diprediksi akan terus berkembang di masa depan. Bahkan, Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) memprediksi Indonesia bisa menjadi pemain penting dalam industri motor listrik dunia.

Optimisme itu disampaikan Sekertaris Aismoli Abdullah Alwi, yang mengatakan bahwa berdasarkan data yang dihimpun dari McKinsey, pasar motor listrik di Indonesia hanya kalah dari China dan India dalam enam tahun ke depan.

“Jadi menurut data dari McKinsey, pada 2030 nanti keadaannya kurang lebih sama (seperti pasar motor bensin). Pasar motor listrik terbesar masih akan di China, kemudian India kedua, dan Indonesia ketiga,” kata Abdul di Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

Seperti diketahui, saat ini ada banyak produsen yang menjajakan motor listrik di Indonesia dengan beragam model dan harga. Bahkan, Honda sebagai pemain besar roda dua di Indonesia mulai menjual motor listrik pertamanya di Tanah Air.

“Ini peluang industri, kalau kita baca data, Indonesia saat ini cukup banyak perusahaan-perusahaan yang mengembangkan motor listrik. Maka ini peluang untuk kita menjadi basis industri dan bisa melakukan ekspor,” ujar Abdul.

Hingga akhir 2023, populasi motor listrik di Indonesia baru 75 ribu unit. Angka tersebut masih jauh dari penjualan motor bensin. Tapi, Abdul menegaskan jumlahnya alami peningkatan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Insentif berupa subsidi Rp7 juta dari pemerintah dan banyaknya model yang ditawarkan diyakini bakal meningkatkan penggunaan motor listrik. Terlebih pemerintah juga terus mempersiapkan ekosistem motor listrik untuk mempermudah penggunanya.

“Per bulan ini, sudah ada 75 ribu unit lebih motor listrik yang beredar di Indonesia. Ini meningkat secara signifikan. Padahal, 2020 lalu, jumlahnya masih ratusan unit,” ungkapnya.

Terbaru, ada enam model motor listrik yang masuk dalam program subsidi Rp7 juta dari pemerintah. Sehingga saat ini total ada 56 model dari 19 produsen motor listrik. Melihat hal tersebut, diyakini angka penjualan akan terus bertambah hingga akhir tahun.

“Melihat tingginya antusiasme konsumen di Indonesia, dan penjualannya yang terus meningkat dari tahun ke tahun, saya rasa angkanya akan terus bertambah,” ujarnya.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *